Brigjen Pol Fahkrizal Kapolda Baru Sumbar



Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Drs Fahkrizal M.Hum akan menggantikan Brigjen Pol. Basarudin sebagai Kepala kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar. Pergantian itu sesuai Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor: ST/3072/XII/2016 pada tanggal 22 Desember 2016. Basarudin selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Wagub Akpol Lemdikpol, sedangkan Kapolda Sumbar yang baru Fakhrizal sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Brigjen Pol Fakhrizal dilantik sebagai Kapolda Kalteng pada tahun 2015 lalu. Sebelumnya, pria kelahiran Bukittinggi ini men­jabat sebagai Karopaminal Divpropam Mabes.



Wakil Kepala Kepolisian Dae­rah (Wakapolda) Sumbar, Kombes Pol Nur Afiah membenarkan, dengan adanya pergantian Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin kepada Brigjen Pol Fakhrizal.

“Saya juga baru dapat Telegram Rahasia (TR), di mana surat dari Kapolri itu bahwa Brigjen Pol Basarudin diganti oleh Brigjen Pol Fakhrizal. Namun, saya tidak tahu kapan dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Mabes Polri,” katanya saat dihubungi sumber ini, Kamis (22/12).

Dikatakannya, pergantian ditubuh Polri ini adalah hal yang biasa. “Tentunya, mutasi ini untuk penyegaran sesuai kebutuhan organisasi dan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, juga dalam rangka pembinaan personel sebagai wujud dari sistem pembinaan karier di lingkungan Polri. Biasanya, serah terima jabatan tersebut dilakukan di Mabes Polri paling lambat 14 hari setelah TR keluar.

Dijelaskan Nur Afiah, pergantian perwira tinggi Polri ini merupakan bentuk regenerasi internal dalam menyongsong tugas dalam menghadapi dina­mika tugas yang makin rumit dan penuh risiko di masa mendatang.

Tugas polisi ke depan bertambah kompleks, kata Nur Afiah, dari konflik antarwarga, kriminalisme, tirani mayoritas terhadap minoritas, sampai pada aksi terorisme. Oleh karenanya, polisi harus mampu memenuhi tanggung jawab tersebut.

“Jangan sampai ada kesan kita kurang responsif atau membiarkan anarkisme terjadi. Kita dituntut makin cermat dan gigih,” ungkapnya.

Selain pergantian Kapolda Sumbar, dalam TR kapolri tersebut juga diganti sejumlah perwira tinggi polri, di antaranya Brigjen Pol Drs. Anang Revandoko, Wakakor Brimob Polri diangkat sebagai Kapolda Kalteng. Posisi Anang digantikan Waka Polda Kalsel, Kombes Pol Iriyanto. Kemudian Kombes Pol Drs. Ade Rahmat Suhendi, Irwasda Polda Kalsel diangkat sebagai Wakapolda Kalsel.

Share this:

 
Copyright © apasaja. Designed by OddThemes